WELCOME

Sabtu, 22 Januari 2011

Tehnik EXTRUDE dengan TAPER ANGLE

Wookeh…penjelasan judul diatas gini gan,yaitu meng-Extrude atau memberi ketebalan pada sebuah Objek dengan menggunakan TAPER ANGLE guna membuat sudut kemiringan/sudut lancip.
Langsung praktek aja ya gan,biyar lebih jelas,,kita focus pada perintah “EXTRUDE”.

Saya mempunyai object 4 persegi seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Lalu,pada posisi SE ISOMETRIC VIEW,objek 2D tersebut akan saya jadikan object 3D dengan menggunakan perintah Extrude dan saya berikan kemiringan.caranya:
1. Extrude
2. Seleksi objek
3. Maka pada command toolbar ada 3 pilihan
image www.ilmugrafis.com

4. Pilih “ta”(singkatan dari taper angle)

5. Masukan nilai kemiringan : 50
image www.ilmugrafis.com

6. masukan nilai ketinggian:800
image www.ilmugrafis.com
Maka hasilnya seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Catatan :
Jika nilai sudutnya (+) maka ketebalan objek tersebut akan meruncing keatas, semakin besar nilainya maka semakin runcing pula.begitu jg sebaliknya, jika nilai sudutnya (-) maka ketebalan objek tersebut akan melebar keatas,semakin besar nilainya (-)maka semakin melebar pula sudut kemiringanya,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Dengan menggunakan tehnik extrude diatas,sederhananya saya buat atap rumah Jadul seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Membuat atap rumah dengan Autocad

anda bisa mempelajari teknik-teknik dasar autocad yang lain karena telah diterangkan di tutorial - Tutorial Autocad sebelumnya

Sekian dulu tutor Acad dari saya,,jk ada yg kurang jelas bisa agan tanyaka di email saya….
Terimakasih, SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar